Pengertian Sistem
Cerdas
Kecerdasan buatan (Artifical Intelligent, AI) telah menjadi
wacana umum yang sangat penting dan banyak dijumpai. Kecerdasan Buatan atau
Sistem Cerdas merupakan cabang terpenting dalam dunia komputer. Komputer tidak
hanya alat untuk menghitung, tetapi diharapkan dapat diberdayakan untuk
mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia. Manusia mempunyai
pengetahuan, pengalaman dan kemampuan penalaran dengan baik agar komputer bisa
bertindak seperti manusia, maka komputer juga harus dibekali pengetahuan dan
mempunyai kemampuan untuk menalar.
Sejarah Sistem Cerdas
Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh
hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal
menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Bertrand
Russell dan Alfred North Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang
merombak logika formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan
"Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas " pada 1943
yang meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program
AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark
I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang
ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh
Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan "
pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956.
Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing memperkenalkan
"Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test
perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan
psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses
mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah
di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali
dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan
Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain
Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe
mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi
pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala
disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali
komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.
Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas
dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John
Werbos pada 1974. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang
AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah
komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan
6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang
disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk
pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950
pada pemerintah AS.Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut
hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan
dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer
dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang
menantang.
Contoh Sistem Cerdas:
Penerapan AI pada robot Asimo. Singkatnya, robot ini bisa
melakukan apa saja yang diinginkan manusia sepanjang sistem kontrol
penggeraknya bisa disetting dan tidak mengalami gangguan. Robot tersebut
didesain sedemikian rupa dengan menggunakan ilmu kecerdasan buatan tingkat
tinggi. Narna Asimo itu sendiri sebenarnya adalah singkatan dari “Advance Step
in Innovative Mobility” yang didesain dengan berbagai kemampuan inipresif
sehingga membuatnya mampu melakukan tugas-tugas kunci agar bisa hidup dan bekerja
sesuai dengan kehidupan sehari-hari manusia. Asimo bisa bergerak menirukan
gestur yang mirip dengan manusia karena ia dilengkapi dengan tcknologi i-Walk.
Salah satu kelebihan teknologi i-Walk ini mampu membuat gerakan-gerakan robot
menjadi lentur hingga mirip gerakan manusia.
Contoh Lainnya adalah Penerapan teknologi sistem cerdas PT
KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang mulai mengoperasikan mesin tiket atau
vending machine di sejumlah stasiun. Vending machine merupakan suatu alat atau
mesin yang menjual tiket secara
otomatis. Vending Machine tidak membutuhkan tenaga operator untuk menjual
barang, kita dapat memilih sendiri tiket kereta yang kita inginkan. Keberadaan
mesin tiket pada layanan KRL commuter line bertujuan untuk mengurangi antrean
transaksi di loket.
https://kidodi.wordpress.com/2012/02/19/pengertian-sistem-cerdas/
http://ismailadha.blogspot.co.id/2008/03/sejarah-sistem-cerdas.html
http://joshuarizkyhamenda.blogspot.co.id/2016/10/teknologi-sistem-cerdas-dalam-kehidupan.html
http://iskameutia.blogspot.co.id/2016/10/teknologi-sistem-cerdas.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar